Keputusan MUI :Pin Nabi Muhammad Diharamkan

pin muhammadMajelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas dalam fatwanya mengharamkan pengedaran gambar dan foto-foto yang dianggap sebagai wajah dan sosok Nabi Muhammad SAW.

“MUI Sulsel mengeluarkan fatwa haram terhadap usaha untuk mengedarkan gambar dan foto-foto yang dianggap sebagai Nabi Muhammad SAW,” kata Ketua MUI Sulses, KH Sanusi Baco di Makassar, Kamis.

Menurutnya, foto maupun gambar Nabi Muhammad SAW sudah tidak ada sejak 15 abad yang lalu, jadi mustahil jika sekarang ini ada sekelompok orang menganggap pin dan stiker yang beredar adalah benar wajah nabi dan Rasul Muhammad SAW. “Perbuatan ini adalah bentuk dari penistaan agama, ” tegasnya.

Fatwa ini dikeluarkan terkait dengan beredarnya pin dan stiker yang dianggap sebagai Nabi Muhammad SAW, yang diedarkan oleh Bahanda (31), warga Dusun Romang Polong, Kecamatan Samata, Kabupaten Gowa dan Herianto (35) warga Jalan Andi Tonro III, Kecamatan Tamalate Makassar.

Kedua orang yang sempat kuliah di salah satu universitas di Iran ini mengakui jika gambar tersebut berasal dari negara timur tengah ini.

Sanusi Baco menegaskan bahwa perbuatan tersebut merupakan penistaan agama dan terdapat dua hal yang diharamkan MUI, pertama para pembuat, pendesain dan pencetak pin dan stiker dan kedua adalah para pengedarnya.

Sekadar deskripsi, pin berdiameter lima sentimeter itu memiliki warna dasar hijau muda dan terdapat gambar sosok pria tampan berhidung mancung memakai sorban putih bergaris hijau.

Sementara itu bibir pria tersebut digambarkan tidak tipis dan tidak tebal terlihat sedang tersenyum.Alis pria dalam gambar itu digambarkan tebal dan nyaris meruncing di ujung kening.

Di sebelah telinga kanan terlihat gulungan sorban yang menyerupai kembang. Gambar foto yang hanya tampak sampai leher ini dilengkapi dengan tulisan Arab berbunyi Muhammad Rasulallah Salallahu Alaihiwaalihi Wasalam.

Pin bergambar dan bernama Nabi Muhammad itulah yang kemarin membuat warga Makassar heboh. Polisi telah memeriksa dua orang yang dianggap sebagai penyebar pin itu Rabu malam.

Dari pemeriksaan ini, Mansyur belum bisa menyimpulkan jika pengedaran pin dan stiker yang bergambar wajah Nabi Muhammad SAW, yang konon masih berusia 17 tahun itu sebagai kasus penistaan agama.

“Hingga kini kami masih memeriksanya dan belum bisa mengatakan jika perbuatan mereka adalah perbuatan yang telah menistakan agama,” kata Kepala Polisi Resor Kota (Polresta) Makassar Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mansyur, di Makassar.

Untuk itu, pihaknya akan koordinasi kepada pihak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat dan terutama pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Kami menunggu keputusan dari MUI, jika MUI mengatakan itu sebagai penistaan agama maka kami akan melanjutkan kasus ini hingga kepengadilan, ” tegasnya.

Jeratan hukum yang menunggu mereka termaktub dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), pasal 156 dan Pasal 157, tentang penistaan agama dengan diancam hukuman 2,5 tahun penjara.

Dia menjelaskan, pin dan stiker ini dibawa Bahanda dan Herianto dari Negara Iran. Sekitar 100 jumlahnya dan tidak hanya bergambar wajah Nabi Muhammad, tapi para sahabatnya seperti Imam Ali Bin Abi Thalib.

“Pin dan stiker ini hanya akan dijual kepada anggota-anggota komunitas,” ujarnya.

Kini pin dan stiker itu menjadi barang bukti pihak kepolisian, sebelumnya barang tersebut dijual seharga Rp 10.000 per lembar. Namun hanya kepada rekan-rekannya di lingkungan komunitasnya di Makassar. Belum diketahui pasti apa motif mahasiswa tersebut meyebarkan pin tersebut.
sumber : harian-global.com

Iklan

5 Tanggapan

  1. kita sebagai umat manusia tidak boleh menyebarkan gosip tentang nabi kita

  2. kita sebagai umat nabi muhammad kalau meyebarkan gosip tentang nabi kita berarti yang menyebarkan itu orang gila

  3. kmi sebagai santri yang menjunjung tinggi agama islam,sangat tidak setuju dengan adanya pin muhamad karna itu menentang islam,muhammad tidak bisa digambarkan dan sudah 15abad nabi muhammad tidak ada

    • kenapa kita takut dan marah untuk mengetahui gambar dan rupa orang yang kita cintai
      itu tandanya imanmu kosong
      menurut kepada hal yang tidak jelas
      apakah kamu akan mencintai orang yang tidak jelas rupa dan orangnya????
      bertobatlah untuk mengatakan hal yang jelek tanpa alasan

  4. jangan cepat naik darah dan menghubungkan dengan agama yang luhur
    apalagi terus demo demo- demo
    Demo saja to GAYUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: