Hacker pun ngeri bongkar blog nurdin m top

asahannews
Pemberitaan di WordPress beberapa hari ini ramai membicarakan keberadaan Nurdin M top, terutama mengenai keberadaan Penulis Blog BUSHRO (http://mediaislam-bushro.blogspot.com)

Nurdin M.Top merupakan orang yang paling di cari di Indonesia ini, akankah pemerintah bisa menguak siapa Nurdin M top, dimana Nurdin M top berada ?

Beberapa waktu yang lalu saya melihat di metro TV Polisi tantang Hacker untuk membongkar blog Nurdin M top, akankah hacker akan melakukannya ?
ini jawabannya :

jakarta(tvone)

Tantangan polisi kepada para peretas lokal untuk membongkar jati diri pemilik blog ‘Nur Din M Top’ tidak langsung diterima begitu saja. Pasalnya, untuk membongkar identitas pemilik blog di layanan Blogger.com milik Google, para hacker musti menjebol data server milik Google, dan malah bisa dijerat dengan pasal-pasal cyber crime di negara yang bersangkutan.

“Hacker juga ngeri dengan tantangan itu. Bila kita masuk ke server mereka (penyedia blog -red) kita malah bisa disangka teroris, dan terancam hukum cybercrime di negara mereka. Sebab, ini kasus teror, bukan kasus main-main,” ujar Dani Firman Syah, pakar keamanan komputer yang pernah menjebol situs KPU pada pemilu 2004.

Sebab, kata Dani, Google juga terikat kontrak dengan pelanggan untuk melindungi pelangganmereka. Jalan terbaik yang harus ditempuh pemerintah, Dani menjelaskan, adalah meminta kepada pengelola blog yang berada di Amerika Serikat, untuk mengungkap jati diri atau nomor Internet Protocol (IP Address) pemilik blog teror tersebut.

“Ini kan bukan kasus perorangan, tapi kasus negara, bahkan Presiden Obama sendiri pasti tak menyetuju aksi teror. Bila Presiden SBY menelepon Obama untuk meminta bantuan mengungkap pemilk blog, pasti akan cepat terungkap,” kata Dani.

Bila nomer IP yang tercatat di server Google sudah bisa diketahui, Dani menambahkan, maka pengusutan akan lebih mudah dilakukan. Kendati pembuat blog menggunakan jasa proxy server untuk menyembunyikan IP addres komputer mereka, menurut Dani, pelakunya akan tetap dapat ditelusuri.

Sayangnya, polisi belum mau melibatkan pihak luar untuk mengusut pemilik blog. “Kita tidak tahu ya (kerjasama dengan asing). Dalam negeri dulu lah, kalau tidak mampu baru minta bantuan,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Sukarna kepada Desy Afrianti dari VIVAnews, Kamis 30 Juli 2009.(VIVAnews.com)

Iklan

5 Tanggapan

  1. Wah kok polisinya bilang bgitu sih….bukan masalah kerjasama ama asing atau tidak, karena yang diutarakan Dani benar adanya…

    Melalui logi data2 pembuat blog tsb akan lebih cepat didapat dan legal, tanpa harus menjebol servernya

    Yang simpel koq malah dibikin ribet ya…

  2. Saya rasa tetap sangat sulit, setelah mengetahui IP masih banyak yang harus ditelusuri, kemana ? kecuali polisi dapat memancing mereka untuk online kembali.

  3. nggak semudah itu bung dani, yg membuat website tentu saja tidak mau membuat blog nya di rumah, pasti di warnet dan berpindah pindah…

  4. comment ke268 luar biasa artikel anda sangat bermanfaat sekali bagi saya dan keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: