Hati hati : 12 Artis Kena FLu Babi

asahannews
GEONG NAM | SURYA – Kegembiraan tim kelompok vokal Elfa’s Singers tidak berlangsung mulus usai dinyatakan menjuarai lomba kelompok vokal untuk jenis lagu etnis, di Busan, Korea Selatan (Korsel). Pasalnya, tiba-tiba seluruh personel tim kelompok vokal itu dinyatakan diduga terkena virus H1N1 (flu babi) oleh bagian kesehatan Pemerintah Korsel.

Lantaran pernyataan itu pula, kompetisi internasional Asian Choir Contest yang sedang berlangsung di Busan dengan jumlah peserta sekitar 1.000 orang dari berbagai negara itu dibubarkan paksa oleh pemerintah setempat.

Akibatnya, meski kelompok vokal Elfa’s Singers mendapatkan medali emas untuk kategori lagu etnis, medali tersebut tidak dapat diserahkan oleh panitia secara langsung, tetapi rencananya akan dikirim ke Jakarta.

Ke-12 penyanyi binaan Elfa`s Singers yang terkena virus flu babi antara lain Ati, Kelly, Santosa, Pinkyvi, Allya, Luanada, Devin, Ratih, Sheila, Nurlaila, dan Arantha Varinia. Bahkan menurut laporan Reuters, jumlah penyanyi Indonesia yang terkena virus flu babi 14 orang. Karenanya, kepulangan anggota rombongan tersebut dibatalkan oleh pihak berwenang di Korsel pada Sabtu (11/7). “Hasil laboratorium pusat Seoul keluar tanggal 11 Juli pagi menyebutkan 12 orang yang positif terkena virus flu babi,” kata Eko B Supriyanto, ayah salah seorang korban, Sabtu (11/7).

Rombongan meninggalkan tanah air pada 6 Juli dan dijadwalkan pulang 12 Juli hari ini. Menurut Eko, kejadian ini bermula pada tanggal 8 Juli lalu. Beberapa anggota tim tiba-tiba mengalami demam.
“Pada 10 Juli, jumlah yang demam menjadi 28 orang,” kata Eko.

Petugas kesehatan di Korsel kemudian melakukan tes kepada 34 orang peserta kontes yang memiliki gejala flu. Kemudian hasil laboratorium pusat Seoul pada 11 Juli pagi menyatakan 12 orang positif flu babi. Pemerintah Korsel sendiri telah membenarkan adanya 394 kasus flu babi di negaranya, dan 80 orang di antaranya sudah menjalani karantina.

Departemen Luar Negeri (Deplu) RI juga membenarkan informasi yang menyebutkan sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengikuti Asian Choir Contest di Korsel dikonfirmasi menderita influenza H1N1.

“Benar (ada informasi sejumlah WNI di Korea Selatan yang dikonfirmasi menderita flu H1N1),” kata Juru bicara Deplu Teuku Faizasyah ketika dihubungi dari Jakarta, Sabtu (11/7), namun belum dapat memberikan penjelasan lebih jauh mengenai kasus itu.

Audrey, salah seorang peserta lomba Asian Choir Contest dipastikan tidak terjangkit flu babi. Untuk itu, keluarga meminta pihak Kedutaan Besar RI (KBRI) di Korsel segera memastikan kepulangannya. “Kita cuman berharap, kapan kepastian pulangnya,” kata Astrid, ibunda Audrey di Jakarta, Sabtu (11/7).
Menurut Astrid, sejak awal putrinya sudah dinyatakan sehat. Meski sempat batuk dan pilek, ia tidak diisolasi maupun dinyatakan sebagai suspect.

Dikurung
Dihubungi melalui telepon, Sabtu (11/7) malam, penanggungjawab tim Iwan Zein mengungkapkan bahwa sampai saat ini kondisi tim masih dikarantina di sebuah asrama khusus mahasiswa milik Masan University, di Kota Geong Nam, Korsel.

“Kami di sini di karantina atau lebih tepatnya dikurung. Kami tidak bisa ke mana-mana. Tempatnya juga jauh dari mana-mana, dan tidak ada kendaraan sama sekali. Kami masih menunggu kabar yang pasti tentang kondisi selanjutnya,” kata Iwan.

Sampai saat ini, terdapat 68 personel kelompok vokal Elfa’s Singers yang dikarantina di asrama mahasiswa itu. Ada 12 penyanyi yang tergabung dalam kelompok vokal itu, yang dipindahkan oleh tim kesehatan pemerintah setempat ke sebuah rumah sakit di Seoul, Korsel. Alasan yang diterima Iwan, ke-12 penyanyi tersebut kondisinya dinilai sangat mencurigakan sudah mengidap virus H1N1.

“Cuma, hari ini kabar itu sudah berbeda lagi. Kami terima kabar lain bahwa ke-12 anak itu diduga terkena typhus atau demam berdarah. Pokoknya, kabar itu jadi simpang siur. Kami juga belum mendapat kepastian kapan kami bisa keluar dari asrama ini,” ujar Iwan.

Meski suasana asrama mirip seperti hotel, lanjut Iwan, mereka merasa seperti didiskriminasi. Seluruh personel tim tidak diperkenankan meninggalkan asrama. Seluruh personel kelompok vokal menjalani pemeriksaan selama empat hari berturut-turut setiap pagi. Terdapat 8-10 petugas kesehatan, di antaranya dokter dari pemerintah Korsel. “Suhu tubuh kami terus dipantau,” kata Iwan.

Akibat dibubarkanya kopmpetisi kelompok vokal yang sedang berlangsung, kategori kompetisi kelompok vokal untuk jenis musik pop dan jazz tidak dilaksanakan. Kelompok Elfa’s Singers senior yang beranggotakan Yana Julio, Agus Wisman, Lita Zein, Uci, serta Mario (salah satu personel Kahitna), Sabtu (11/7) siang batal berangkat.

“Seharusnya tim kami yang berangkat Sabtu ini akan mengikuti kompetisi di jenis musik pop dan jazz pada Minggu (12/7). Kami baru dapat kabar tadi pagi. Saya juga sangat terkejut. Tapi mau bagaimana lagi, karena ternyata keputusan dari pemerintah Korsel seperti itu,” kata Mario.

Kelompok vokal Elfa’s Singers yang berangkat ke Korsel berjumlah 100-an orang. Itu belum termasuk sejumlah orang yang merupakan pendukukng, yang sebagian besar dari sekolah musik dan vokal Elfa’s Secioria.

Flu babi atau swine influenza (H1N1) merupakan penyakit pernafasan pada babi yang disebabkan virus influenza tipe A. Wabah penyakit ini pada babi sering terjadi dengan tingkat kasus tinggi namun jarang menjadi fatal.

Badan Kesehatan Dunia, WHO, membenarkan setidaknya sejumlah kasus saat ini adalah versi H1N1 influenza tipe A yang tidak pernah ada sebelumnya. Virus ini memuat materi genetik yang khas ditemukan dalam virus yang menulari manusia, unggas, dan babi. Apalagi virus flu memiliki kemampuan bertukar komponen genetik satu sama lain.

Kini, virus flu babi dapat menular dari orang ke orang. Mereka yang bekerja di lingkungan babi, terutama yang intens bersentuhan, berisiko tinggi tertular. Gejala flu babi pada manusia antara lain demam muncul tiba-tiba, batuk, nyeri otot, sakit tenggorokan, rasa lelah berlebihan, mual dan muntah, diare, hingga kehilangan kesadaran yang berakhir pada kematian.

Saat ini, WHO menyatakan flu babi sebagai pandemik pada Juni 2009. Sekitar 500 orang telah meninggal akibat flu babi di seluruh dunia. Hingga kini sudah 94.512 orang terjangkit flu babi di dunia dan telah merenggut setidaknya 429 nyawa. Jumlah kasus terbanyak di Amerika Serikat dengan 33.902 kasus, termasuk 170 kematian. Diikuti kemudian oleh Meksiko yang telah melaporkan 10.262 kasus termasuk 119 kematian.

Departemen Kesehatan (Depkes) RI mencatat 52 orang di Indonesia positif terkena flu babi (H1N1) dan dirawat di berbagai RS di Indonesia. Tiga dari 52 orang yang positif flu babi adalah WNA. “Jumlah kasus positif influenza H1N1 yang dirawat di berbagai RS sampai 9 Juli 2009 sebanyak 52 orang,” ujar Menkes Siti Fadilah Supari dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (9/7) lalu. warkot/reuters/ida/pra
KRONOLOGI PENYANYI INDONESIA TERSERANG VIRUS FLU BABI DI KORSEL:

* Indonesia mengirimkan para penyanyi untuk mengikuti Asian Choir Contest di Korea Selatan (Korsel). Mereka adalah anggota sekolah musik Elfa Secioria.

* Rombongan meninggalkan tanah air pada 6 Juli dan dijadwalkan pulang 12 Juli. Namun pada 8 Juli beberapa anggota tim yang bersiap ikut lomba tiba-tiba mengalami demam.

* Pada 10 Juli, jumlah penderita demam menjadi 28 orang. Petugas kesehatan di Korsel kemudian melakukan tes kepada 34 orang peserta kontes yang memiliki gejala flu. Hasil laboratorium pusat Seoul pada 11 Juli pagi menyatakan 12 orang positif flu babi.

* Penyanyi Indonesia yang dinyatakan positif flu babi (H1N1) antara lain: Ati, Kelly, Santosa, Pinkyvi, Allya, Luanada, Devin, Ratih, Sheila, Nurlaila, dan Arantha Varinia.

* Karena peristiwa itu, kepulangan sekitar 300-an WNI setelah kontes pada hari Minggu (12/7) dibatalkan oleh pihak berwenang di Korea Selatan pada Sabtu (11/7).

Sumber:
* Juru bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah
* Eko B Supriyanto, ayah salah seorang korban.

sumber : surya.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: