Pemalsuan Pelumas Rugikan Negara Miliaran Rupiah

Liputan6.com, Jakarta: Praktik pemalsuan pelumas (oli) di Indonesia telah merugikan negara hingga Rp 50 miliar. Jumlah itu belum termasuk kerugian-kerugian lain, seperti hilangnya kesempatan kerja ratusan orang.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP), Justisiari P Kusumah, Rabu (17/12) mengungkapkan, penghitungan kerugian itu diperoleh berdasarkan studi yang dilakukan Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) dan MIAP pada 2005. Angka itu belum termasuk kerugian lain, di antaranya hilangnya kesempatan kerja bagi ratusan orang.

Konsultan Internasional dari Rouse & Co. International, Brett Mcguire, mengatakan, bila sebanyak 40 hingga 50 persen pelumas dipalsukan maka kerugian negara akan mencapai miliaran rupiah. “Semua rugi termasuk dari sisi pajak hingga cukai karena hampir semua bahan pelumas merupakan produk impor,” katanya. Itu belum termasuk kerugian dalam hal kerusakan mesin-mesin kapal, pesawat, atau pun bus yang telah menggunakan pelumas palsu itu.

Bahkan ada kasus penggunaan pelumas palsu pada pesawat terbang pada mesin penggerak sayapnya yang terjadi pada 2007. Akibat pelumas palsu, pada suhu di bawah 50 derajat celcius sayap pesawat tidak dapat dikendalikan karena membeku. Hal ini tentu saja sangat membahayakan konsumen. “Kerugian pasti besar bahkan sulit ditaksir kalau dikaitkan dengan dampaknya,” katanya.

Ia mengatakan, meski pemalsuan pelumas terjadi di hampir semua negara tetapi tingkat pemalsuan di Indonesia menduduki peringkat 2 sampai 3 di dunia setelah Cina.

Konsultan hak atas kekayaan intelektual (HAKI), Zain Adnan, mengatakan, dari hasil investigasi pelumas palsu di Indonesia mencapai separuh dari yang beredar, yaitu 600 juta hingga 700 juta liter per tahun. “Pabrik yang ditemukan di Tanjungpriok, Tangerang, dan Bekasi dengan skala produksi mencapai 200 drum per hari,” katanya.

Oleh karena itu, konsumen diminta untuk proaktif dan berhati-hati ketika membeli oli. Cara terbaik bagi konsumen agar yakin produk pelumas yang dibeli asli adalah dengan membelinya di distributor yang memiliki otoritas resmi. Bahkan, katanya, bila masih belum yakin tidak usah ragu untuk mengontak produsen pelumas tersebut secara langsung.(IAN/ANTARA)
sumber berita

Satu Tanggapan

  1. percuma banyak bacot pemalsuan oli sudah ada kordinasi dengan oknum fihak yg berwenang hal tersebut sudah legal rasain aja para konsumen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: