Inilah isi supersemar yang beredar di Internet

Isi & Susunan Supersemar yang Beredar di Internet
Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) beredar melalui milis-milis dan blog di internet. Dari hasil scan, Supersemar itu tampak diketik di atas kertas yang sudah menguning dan kusut.

Dalam versi online ini, naskah Supersemar diketik di atas kertas berkop Presiden Republik Indonesia disertai logo padi dan kapas di atasnya. Selain logo padi dan kapas, ada juga logo burung Garuda di sisi kiri.

Berikut isi dan susunan lengkap Supersemar yang beredar di internet itu.

Presiden Republik Indonesia

SURAT PERINTAH

I. Mengingat :
1.1. Tingkatan revolusi sekarang ini , serta keadaan politik Nasional maupun Internasional.
1.2. Perintah Harian Panglima Tertinggi Angkatan Bersendjata/Presiden/Panglima Besar Revolusi pada tanggal 8 Maret 1966.

II. Menimbang :
2.1. Perlu adanja ketenangan dan kestabilan Pemerintahan dan djalannja Revolusi.
2.2. Perlu adanja djaminan keutuhan Pemimpin Besar Revolusi, ABRI, dan Rakjat untuk memelihara kepemimpinan dan kewibawaan Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi serta adjaran-adjarannja.

III. Memutuskan/Memerintahkan :
Kepada : LETNAN DJENDRAL SUHARTO MENTERI PANGLIMA ANGKATAN DARAT
Untuk : Atas Nama Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi :
1. Mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk terdjaminnja keamanan dan ketenangan, serta kestabilan djalannja pemerintahan dan djalannja Revolusi, serta mendjamin keselamatan pribadi dan kewibawaan Pimpinan Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi/Mandataris M.P.R.S. demi untuk keutuhan Bangsa dan Negara Republik Indonesia, dan melaksanakan dengan pasti segala adjaran Pemimpin Besar Revolusi.

2. Mengadakan koordinasi pelaksanaan perintah dengan Panglima-Panglima Angkatan Lain dengan sebaik-baiknja.

3. Supaja melaporkan segala sesuatu jang bersangkut paut dalam tugas dan tanggung-djawabnja seperti tersebut diatas.

IV. Selesai.

Djakarta, 11 Maret 1966.

PRESIDEN/PANGLIMA TERTINGGI/PEMIMBIN BESAR
REVOLUSI/MANDATARIS M.P.R.S.

(Tandatangan Soekarno, red)

Sukarno
(nwk/ape)

20 Tanggapan

  1. “Mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk terdjaminnja keamanan dan ketenangan, serta kestabilan djalannja pemerintahan dan djalannja Revolusi, serta mendjamin keselamatan pribadi dan kewibawaan Pimpinan”.

    Pantesan jadi keterusan waktu mimpin😀

  2. ayo luruskan sejarah yang benar, untuk kebenaran yang diwariskan pada penerus bangsa ini

  3. NASKAH ASLI SUPERSEMAR DITEMUKAN ?

    Oleh Dasman Djamaluddin

    “Presiden Punya Informasi tentang Naskah Asli Supersemar,’ itulah salah satu lead berita yang saya baca.

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono katanya memiliki informasi tentang keberadaan naskah asli Surat perintah 11 Maret yang ditandatangani Presiden Soekarno pada 11 Maret 1966. Bahkan Presiden sudah meminta Arsip Nasional menindaklanjuti benar atau tidaknya informasi tersebut.

    Sejauh ini generasi muda bangsa masih mendambakan ditemukannya surat asli tersebut.Sejak 11 Maret 1966, naskah asli Supersemar hilang. Di tengah-tengah masyarakat sudah beredar berbagai versi Supersemar. Sudah tentu yang beredar itu naskah palsu, karena yang asli belum ditemukan. Membingungkan, karena naskah aslinya tidak juga ditemukan. Untunglah pencarian naskah asli Supersemar tetap dilaksanakan. Buktinya Presiden RI sekarang punya informasi tentang itu.

    Diakui bahwa sudah muncul rasa “bosan”, jika seseorang mendengar naskah asli Supersemar. Apa betul naskahnya bisa diperoleh ? Sebagai contoh, kebosanan itu telah merasuki pola berpikir para intelektual kita dalam Seminar Nasional dan Diskusi Interaktif “Implikasi Wafatnya Soeharto terhadap Kebenaran Sejarah Supersemar,” pada Selasa, 25 Maret 2008 di Fakultas Hukum Universitas YARSI, Jakarta.

    Selain saya sebagai pembicara (Penulis Buku:”Jenderal TNI Anumerta Basoeki Rachmat dan Supersemar”/Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Sejarah Supersemar/LPSS), hadir pula Dr.Anhar Gonggong (Sejarawan), Atmadji Sumarkidjo (Penulis buku:”Jenderal M.Jusuf Panglima para Prajurit”) dan Abdul Kadir Besar (Sekretaris Umum MPRS 1966). Terlihat sangat jelas ada ‘kebosanan’ berbicara tentang naskah asli Supersemar. Bahkan Anhar Gonggong dan Atmadji Sumarkidjo mengatakan, naskah asli adalah bagian masa lalu, oleh karena itu naskah asli Supersemar tidak perlu dicari). Tetapi saya di dalam makalah :”Supersemar, Sumber Sejarah yang Hilang,” tetap bertahan bahwa naskah asli Supersemar harus ditemukan, demi generasi pewaris bangsa ini ( makalah lengkap ada di http://dasmandj.blogspot.com).

  4. Kasihan sekali bangsa Indonesia,
    supersemar yang asli tak tau entah kemana..

  5. saya ingn agr pncrian data tntang supersemar ttap d lnjutkan. krn saya ingn thu naskah aslinya.

  6. Jati diri sebuah bangsa akn ttp berkiprah dimata dunia internasional, manakala dr generasi-generasi bangsa memahami peristiwa2 akn lhrnya bangsa itu,shingga dlm menjlnkn tnggngjwb sbg warga negara,sunggh memberhkn kontribusi yg signifikan kpd negara utk kemudian ttp memperthnkn jati diri banggsanya.

  7. gue suka artikelnya…thanks

  8. saya rasa hasilnya akan sia sia apabila pencarian terus dilakukan, menimbang para saksi hidupnya kebanyakan sudah tiada.
    dan karena supersemar itu adalah sifatnya sangat rahasia, jd d pastikan hanya beberapa tokoh saja yang dapat mengetahuinya.
    thanks.

  9. Gara2 nggak jelas yg mana teks supersemar yg asli, akibatnya keadaan ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mencari keuntungan pribadi.
    Ada yg mengatakan teks supersemar dibuat di lempengan emas yg harganya triliunan rupiyah, yg sekarang ini disimpan di sebuah bank, dan suatu saat dapat diuangkan.
    Kelompok ini membuat organisasi, siapa yg ikut bergabung, nanti bakal kebagian uangnya. Untuk bergabung dipungut sejumlah uang yg tidak sedikit. Kapan mas itu diuangkan? Semua anggotanya menunggu dan terus menunggu, entah sampai kapan. Rakyat jadi korban sejarah.

  10. Jangan ngambang begitu aja donk. . .berusaha cari yang asli agar bangsa indonesia tidak terbelenggu oleh sejarah

  11. Memang pelurusan dalam perjalanan sejarah suatu negara memang hrs dicari kebenarannya,
    knp hanya meributkan naskah SUPERSEMAR yg hilang?knp kita tdk bersyukur selama 32 th masa orde baru kita merasakan aman,damai dan tenteram tdk spt skrg!
    manusia tdk pnah luput dr salah aplg pemimpin besar?dalam lingkungan RT saja kadang org bergunjing ttg kejelekan tetangga nya…itu contoh kecil aj

  12. Kenapa.. Surat yg bgtu pnting dn berharga blum bsa dtemukan smpai saat ini, sampai kapan negara inì dibohongi sejarah palsu… Akankah generasi berikutnya harus tidak tau sejarah negaranya sendiri?

  13. Loh, kalo memang naskah asli belum ditemukan sejak dulu itu artinya isi dari supersemar itu tidak diketahui lantas naskah apa yang diedarkan di Internet sekarang ini mengenai isi dari supersemar tersebut ??? lalu siapa yang sudah membuat isi supersemar yg beredar di dunia maya pada saat ini ???

  14. Klau, ditanya knapa SUPERSEMAR bisa hilang,….
    sdh pastilah isinya lain dr kenyataan,………
    Nah,….kalau saja isinya benar seperti kenyataan,…..
    pastilah masih ada,……..

  15. sebenarnya teks itu ada pada bangsa ini sendiri.. dimana bangsa inilah yang jadi hasil dari sejarah itu sendiri..
    jangan memberi adil pada setiap bahasa tidak pasti tapi beri keluar untuk jadi pasti.. super semar ada pa da kebohomngan supersemar ada dalam kebenaran…

  16. kira2 masih ada ga ya naskah asli supersemar atau sudah hilang ???

  17. Hmmmbb Pnjelasan supersemar’y kbanyakan,tpi gpp deh,lbih banyak lbih baek.

  18. sebenarnya srt aslinya dibakar yg bunyinya tdk tertera tgl 8 maret 1966, yg membakarnya cicunguk2/penjilat2 suharto,sdh deh smpi kiamatpun srt itu tdk dpt,dekumen negara kok bisa digantikan dipalsukan diganti dgn pembubaran pki, wah………….eee, maklum deh krn tkut sma cia/as-inggris. coba lht dekomenter anri pidato bun karno ttg 11 maret. , dari korban orba.

  19. yang jelas supersemar pernah ada . .
    lok uda hlang gmn lg , ,d cri pun bnyk yang menmukn .but, , , bnyk jg yg menemukn it bermuka 2 , , g banr yg mna?
    mengusut nya pun suda trlmbt krn tok yg trlbt sudah meninggl.

  20. “before , talk less do more “. ” talk more do less , now “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: