Iklan PKS Kreatif Belum Tentu Efektif

INILAH.COM, Jakarta – 8 Tokoh nasional ditampilkan PKS dalam iklan politiknya menyambut Hari Pahlawan 10 November 2008. Iklan politik yang menuai polemik tersebut, secara marketing politik dinilai berhasil karena kreatif memilih angle.

“Kalau dilihat dari murni marketing politik, itu (iklan) sebetulnya berhasil dan juga kreatif,” kata Dosen komunikasi FISIP UI, Ibnu Hamad, ketika berbincang dengan INILAH.COM di Jakarta, Rabu (12/11) pagi.

Menurut Hamad, iklan politik PKS berhasil karena mendapat perhatian dari masyarakat luas. Namun, Iklan yang menampilkan Soeharto sebagai salah salah satu tokohnya itu, belum tentu dapat menarik dukungan masyarakat memilih PKS.

“Sebelum mencapai ke dukungan, terlebih dahulu harus menjadi perhatian. Lalu kesadaran dan kemudian dukungan. Jadi, masih terlalu jauh untuk mencapai dukungan,” ujar Profesor ilmu komunikasi yang berusia 41 tahun ini.

Belum lagi, lanjut Hamad, masyarakat tidak mudah percaya begitu saja terhadap kampanye atau iklan politik parpol. Sebab masyarakat kini semakin cedras.

Dari aspek angle, iklan itu dapat mencuri perhatian rakyat. Melihat polemik yang dihasilkan dari iklan politik PKS itu, Hamad menduga, iklan itu sengaja dibuat secara berseri seputar kepahlawanan.

“Jadi momentumnya yang dipenggang, yakni dengan pendekatannya seputar kepahlawanan,” pungkas Hamad.[jib/ton]

3 Tanggapan

  1. PKS memang kreatif… Efektif kah? Mungkin…🙂

  2. salam kenal
    saya mau memperkenalkan bisnis online terbaru,silahkan coba link dibawah ini :
    http://link2communion.com/pages/index.php?refid=dihan

  3. PKS mencomot tokoh2 dari mana2 yg ber-basis mana2 pula, yg selama ini secara konvensional tokoh2 tsb scr tradisional diasumsikan sbg tokoh2 bagi golongan2 tertentu saja.
    Dgn itu maka PKS memecah tembok kebekuan yg selama ini ada sbg ‘klaim bawah sadar’ golongan2 tertentu; dan selanjutnya menghentak kesadaran kita bahwa tokoh2 bangsa tsb memang adalah tokoh pahlawan bagi kita semua anak bangsa, bukan hanya pahlawan bagi golongan tertentu.
    Namun untuk Soeharto..? Saya kira utk yg ini memang agak kontra-produktif…😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: