Khofifah Indar Parawansa-Mujiono (Kaji) hasil sementara unggul

pilkada jatimMetrotvnews.com, Surabaya: Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KAJI) untuk sementara unggul dalam perolehan suara versi penghitungan cepat atau quick count Pilkada putaran II Jatim . Hasil quick count yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) di sekitar 400 tempat pemungutan suara di Jatim, Khofifah-Mujiono meraih suara 50,28 persen, sedangkan pasangan Soekarwo-Syaifulloh Yusuf (KARSA) memperoleh 49,72 persen.

Dari survei LSI, pasangan KAJI yang didukung belasan partai politik, seperti Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menang di sejumlah kabupaten kota, seperti Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Kediri, Kota Batu, Kediri serta Kota Malang, Kota Surabaya, Lamongan, Kabupaten Malang, Mojokerto, Pamekasan serta beberapa daerah lainnya. Sedangkan pasangan KARSA memenangi beberapa kabupaten dan kota, seperti Bangkalan, Banyuwangi, Jombang, Probolinggo, Lumajang, Madiun, Magetan, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Sampang, dan Situbondo.

Di saat menanti hasil penghitungan cepat, Pakde Karwo–demikian Soekarwo biasa disapa–terkesan sudah bisa menerima kekalahannya dalam Pilkada Jatim II. Pakde Karwo mengaku ada beberapa pergeseran perolehan suara di daerah-daerah yang sebelumnya diperkirakan akan menangguk suara banyak. Di sisi lain, di daerah yang didorong untuk memeroleh suara lebih banyak, ternyata masih ada kekurangan-kekuarangan, sehingga perolehan suara sangat minim.

Sebaliknya, Khofifah mengaku, meski penghitungan perolehan suara masih berlangsung, kemenangan sementara ini sedikit meleset dari perkiraan semula. Tim Sukses KAJI semula pasangan Khofifah-Mudjiono bisa menang lima persen di atas pasangan Soekarwo-Syaifulloh. Kendati begitu, Khofifah mengaku bersyukur atas perolehan suara saat ini. Khofifah secara terus terang bahwa kemenangannya ini pun tak lepas dari dukungan massa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Khofifah dengan nada arif dan bijaksana berharap bahwa hasil Pilkada Jatim putaran dua ini bisa diterima masing-masing pihak. Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu meyakini bahwa penghitungan suara Pilkada putaran II Jatim jauh dari manipulasi data atau kecurangan lainnya. Khofifah berharap hasil penghitungan cepat ini menjadi awal dari pembangunan Jatim di era demokrasi untuk menapak lebih maju.(DSY)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: