Bahaya Intai Koalisi PDIP-PKS

INILAH.COM, Jakarta – Wacana koalisi antara PDIP dan PKS terus menguat seiring isyarat yang dilontarkan Ketua Deperpu PDIP Taufiq Kiemas. Sayangnya, jika koalisi ini nanti terwujud, potensi gesekan atau friksi karena ideologi yang berbeda akan menjadi pengganjal.

“Secara ideologis ada perbedaan yang tajam antara kedua partai ini. Misalnya dalam isu-isu RUU pornogafi. Bagaiamana kemudian RUU disikapi secara solid oleh dua partai yang berbeda ini,” kata pengamat politik Charta Politika Indonesia, Bima Arya Sugiarto kepada INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (19/9).

Menurut Bima, koalisi PDIP-PKS sedikitnya akan terbentur dua masalah. Pertama, problem di level grass root. Apakah massa di dua partai ini bisa membangun komunikasi yang baik. Sedangkan problem yang kedua, mengenai pembangunan platform dan kebijakan dua partai partai ini bila betul-betul memenangkan pemilu dan menjadi koalisi selama 5 tahun berikutnya.

“Karena kita tahu kemudian masih ada isu-isu yang menimbulkan perpecahan kalau kedua partai raksasa ini menjadi dalam satu paket pemerintahan,” cetusnya.

Namun, Direktur Eksekutif Charta Politika ini menilai, bila koalisi dua partai ini benar terjadi, secara elektoral, koalisi ini akan menjanjikan dan sangat powerful. Sebab betul-betul menggabungkan segmen politik yang sangat-sangat berbeda.

Bima menambahkan, maraknya wacana koalisi seperti Golkar-PDIP, PDIP-PKS merupakan permainan di tingkat elit partai yang bertujuan melakukan penjajakan. Selain itu juga untuk testing respon, baik publik maupun massa di tingkat grass root di partai masing-masing.

“Saya kira sekarang semua partai membuka semua opsi koalisi. Yang terpenting adalah mereka harus tahu bagaimana reaksi publik jika isu ini dilontarkan dan bagaimana massa mereka yang di bawah merespon isu ini,” pungkasnya. [L6]

sumber berita

Iklan

2 Tanggapan

  1. Saya kira cuma manuver saja
    tapi kalo jadi bentuk koalisi
    nuansa kepentingan jadi lebih kental
    masa’ partai beda platform ko’ koalisi
    meskipun nanti tujuannya membentuk Single majority di parlemen
    tetep aja ujung2nya pasti ada gesekan..

  2. informasi yang penting
    o iya pak , mohon untuk memasang logo blogersumut yang baru
    di
    bloggersumut.net
    Sepertinya bapak khan sudah masuk dalam komunitas bloggersumut kalo saya tidak salah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: