PKS Saran Coblos Ketimbang Contreng

INILAH.COM, Jakarta – Model pemberian suara dengan cara mencontreng surat suara dinilai belum familiar. FPKS pun menyarankan metode mencoblos ketimbang mencontreng dalam Pemilu dan Pilpres 2009.

“Mengubah cara pemberian suara dari mencoblos menjadi mencontreng, menyilang dan lain sebagainya membutuhkan edukasi yang panjang. Apalagi saat ini waktunya sangat pendek. PKS cenderung menyarankan cara mencoblos,” kata anggota Komisi II DPR asal FPKS Jazuli Juwaini di Gedung DPR Jakarta, Rabu (17/9).

KPU saat ini sedang memikirkan kemungkinan alternatif pemberian suara pada Pemilu 2009 mendatang. Pasal 153 UU 10/2008 hanya menyebutkan pemberian suara dilakukan dengan memberikan satu kali pada surat suara. Selanjutnya UU mendelegasikan kepada KPU untuk menentukan cara pemberian tanda berdasarkan prinsip kemudahan.

“Bila dipaksakan memberikan tanda dengan cara mencontreng, maka hal itu memiliki beberapa kelemahan, seperti tingkat kesalahan mencontreng yang sangat tinggi. Apalagi bagi kalangan tunanetra dan tunaaksara. Bahkan masih banyak sebagian besar masyarakat kita yang mungkin tidak mengenal atau awam dengan alat tulis,” ujar Jazuli.

Dari sisi efisiensi, lanjut Jazuli, mencontreng membutuhkan pena sebagai penanda yang tentu saja lebih mahal dari paku untuk mencoblos.

Dikatakannya pula bahwa potensi golput pada pemilu kali ini yang cukup tinggi, dan ditambah potensi kesalahan akibat mencentang surat suara, maka tentu bakal memperburuk kualitas serta legitimasi hasil Pemilu 2009.

“Dalam UU Pemilu secara eksplisit juga tidak mengharamkan mencoblos sebagai salah satu alternatif pemberian suara. Pasal 153 hanya menyatakan, memberi tanda satu kali. Bunyi pasal tu, memberikan ruang bagi KPU untuk mengkaji kekurangannya. KPU boleh menetapkan pemberian suara dengan cara mencoblos, sesuai undang-undang,” papar Jazuli.[*/L3]

Iklan

Satu Tanggapan

  1. KPU akan menjelaskan tujuannya!! kaleee.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: