Pelunasan BPIH Tinggal 2 Hari

Pelunasan BPIH Tinggal 2 Hari
Kanwil Minta Calon Haji Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Medan, (Analisa)

Kepala Kanwil Depagsu, Drs H Syaripul Mahya Bandar MAP meminta kepada calon haji untuk memanfaatkan sisa waktu pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2008 yang tinggal dua hari lagi.

Batas akhir pelunasan ongkos haji setelah diperpanjang tanggal 22 dan 23 September ini, karenanya harus digunakan sebaik mungkin, mengingat kalau tidak sampai 8.080 ditambah 54 petugas haji daerah. Maka jatah haji Sumut akan menjadi porsi haji nasional, ujar Syaripul Mahya Bandar ketika dihubungi Analisa, Jumat (19/9) petang.

Sementara Kasi Perjalanan dan Sarana Haji Kanwil Depagsu, H Eri Nofa SE yang dihubungi terpisah menjelaskan, sampai Jumat pukul 15.30 WIB calon duyufurrahman yang telah menyelesaikan ongkos hajinya sebanyak 8.016 orang. Dengan demikian tinggal 64 calon haji lagi yang belum menyelesaikan, ujarnya.

Lebih lanjut Kanwil Depagsu mengatakan, jamaah yang diprioritaskan untuk berangkat tahun ini setelah batas pertama pelunasan tidak terlampaui 10 September lalu, adalah yang pernah pernah melaksanakan rukun Islam kelima.

Jadi disesuaikan dengan nomor urut calon haji dengan prioritas dimaksud. Sedangkan 300 lebih calon haji yang tidak melunasi sebelumnya, dikembalikan dan masuk daftar tunggu sebagai porsi haji nasional.

Pemondokan Haji

Disinggung tentang pemondokan haji, Syaripul Mahya Bandar mengatakan sampai saat ini belum final dan akan diundi bersama penetapan kelompok terbang setelah bulan puasa nanti.

Oleh karena itu, ungkapnya diingatkan kepada calon haji untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Andaikan mendapatkan lokasi pemondokan agak jauh dari Masjidil Haram tetap menerimanya dengan ikhlas karena keberangkatan ke Tanah Suci dalam rangka ibadah kepada Allah.

Untuk itu diharapkan calon jamaah haji asal Embarkasi Medan memperbanyak latihan jalan kaki setelah melaksanakan salat Subuh, agar dapat lebih khusuk beribadah dan tidak akan terpengaruh dengan kondisi perluasan Masjidil Haram Mekkah itu.

Sedangkan penerbangan calon jamaah haji asal Embarkasi Medan, menggunakan pesawat milik Maskapai Saudi Arabia Airlines, terang kanwil.

Karena itu, diigatkan kepada calon haji agar membawa bagasi tidak lebih dari 32 kg. Sebab kalau dilanggar maka pihak maskapai akan meninggalkan barang bawaan calon haji di Arab Saudi.

Bobot bagasi tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah ditandatangi sebelumnya, demi keselamatan tamu-tamu Allah kembali ke tanah air, terangnya.

Komunikasi

Sementara Kepala Kandepag Kota Medan, Drs H Abdul Rahim kepada Analisa megharapkan kepada calon jamaah haji asal Medan agar tidak putus komunikasi dengan kandepag setempat, sehingga dapat mengetahui tentang informasi terbaru mengenai haji tahun ini.

Terutama mengenai lokasi pemondokan yang dipastikan relatif lebih jauh, terang Abdul Rahim, calon haji akan dapat mengetahui informasi yang benar secara langsung, dan tidak mendapatkannya dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, kata Rahim, sangat diharapkan calon duyufurrahman tetap menjalin komunikasi dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji yang masing-masing.

“Langkah ini cukup penting agar mereka dapat menjalin tali silaturahmi yang kuat sebelum, ketika ataupun setelah menunaikan rukun Islam kelima tahun ini. Juga mendapat informasi yang benar tentang haji,” kata Kandepag Medan. (rmd)( analisadaily.com)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. […] If you liked this post then you may like this one […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: