Sebanyak 13 Anggota Koptan Ditahan di Mapolres Asahan

Kisaran, (Analisa)

Guna proses, P21 akhirnya Sat Reskrim Polres Asahan melakukan penahanan terhadap 13 orang dari dua Kelompok Tani (Koptan) masing-masing Koptan Karya Tani dan Koptan Damai Jaya yang berseteru dengan PTPN III Kebun Sei Silau Kecamatan Buntu Pane.

“Meskipun 13 orang itu tidak dimasukkan ke dalam tahanan, namun diinapkan di ruang pemeriksaan, tetap saja namanya penahanan,” ungkap salah seorang petani yang ikut memadati Mapolres Asahan, Senin (25/8).

Beberapa hari lalu, 10 orang dari mereka diperiksa dan berbuntut kepada wajib lapor sedang untuk kali ini berbuntut kepada penahanan, bahkan mereka disodorkan secarik kertas dan disuruh untuk menandatanganinya, namun mereka tidak mau menandatangani.

“Kami yakin tidak salah, kenapa harus menandatanganinya? Lagi pula saksi adhecarge (meringankan) sampai saat ini yang diajukan tidak diperiksa. Sepertinya P21 kali ini dipaksakan,” tandas Iskandar dari Koptan Karya Tani.

Mereka yang diinapkan untuk prores penyerahan dan pelimpahan berkas ke Kejaksaan Negeri Kisaran itu masing-masing dari Koptan Karya Tani Desa Sei Silau Barat, yaitu Iskandar, Tukijo, Tugiman, Sutarman dan Paimin alias Bejos. Sedang dari Koptan Damai Jaya Desa Sei Silau Timur, yaitu Khaidir, Juwanto, Gito, Budi, Suryadi, Kasimun, Sukimin dan Radi.

Menyikapi tindakan yang diambil Sat Reskrim Polres Asahan itu, Kuasa Hukum Koptan Tri Purnowidodo melalui stafnya Bahren Samosir, SH menilai hal itu tidak adil dan akan terus melakukan perlawanan hukum.

“Kami akan melakukan perlawanan hukum,” tandasnya.

Sementara itu anggota lainnya yang mendengar rekan mereka akan ditahan, dengan menggunakan truk colt diesel dan sepeda, ratusan petani memadati Mapolres Asahan serta didampingi mahasiswa guna memprotes sikap yang tidak adil dari Polres Asahan itu, namun menjelang maghrib massa akhirnya membubarkan diri, namun berjanji akan mengerahkan massa yang lebih banyak lagi bila ketidakadilan terus terjadi menimpa rekan mereka. (aln)
sumber : analisadaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: