Ketua KNKT:Percakapan Pilot AdamAir Bukan Rekaman Asli

Asahan ( asahannews )
Banyaknya informasi beredarnya rekaman percakapan pilot adam air kebenarannya simpang siur sehingga membuat KNKT extra bekerja untuk memecahkan masalah kebenarannya.Bagi anda yang masih ragu dan ingin jawaban kebenaran rekaman tersebut simak ulasan berikut :

Ketua KNKT:
Percakapan Pilot AdamAir Bukan Rekaman Asli

Jakarta, (Analisa)

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi menegaskan rekaman percakapan pilot dan ko pilot di kokpit pesawatAdamAir sebelum jatuh di Perairan Mejene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 yang tersebar di masyarakat bukan rekaman asli.

Meski percakapan pilot dengan kopilot sangat mirip suara aslinya, namun rekaman yang asli lebih kabur daripada suara rekaman yang beredar di internet dan televisi. Rekaman yang beredar juga tidak akurat.

Ketidakcocokan lainnya yaitu pada data VCR yang asli, ucapan-ucapan terakhir terjadi pada ketinggian 9.600 kaki, setelah itu tidak ada suara sama sekali. Sementara rekaman yang beredar ucapan terjadi beberapa saat sebelum pesawat tercebur.

“Dalam rekaman yang beredar, masih terjadi pembicaraan ketika pesawat jatuh ke laut. Padahal, VDR dan FDR sudah tidak merekam pembicaraan apa pun pada ketinggian 10.000 kaki ke bawah,” ungkapnya.

Namun demikian, Tatang mengakui ada kemiripan antara kedua percakapan tersebut, seperti istilah teknis yang ada di dalam percakapan tersebut.

Tatang mengungkapkan, master piece rekaman VCR di Indonesia ada tiga buah, masing-masing dipegang oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal sebagai dokumen negara, Ketua KNKT Tatang Kurniadi dan Ketua Subkomite Investigasi Transportasi Udara merangkap Ketua Investigator In Charge (IIC) KNKT, Frans Wenas.

Rekaman CVR yang juga pernah dibawa ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dipastikan tidak ada kopiannya yang tertinggal karena setelah diuji di ITB pada Oktober 2007, rekaman yang tertinggal di komputer telah dihapus.

Tatang tak mengetahui apa motif membocorkan rekaman tersebut kepada masyarakat, namun ia mensinyalir itu grand design dari pihak tertentu untuk menjatuhkan Indonesia.

Menurutnya ada pihak yang ingin mendapatkan informasi dari hasil investigasi KNKT perihal kecelakaan AdamAir. “Ada data yang hilang. Semua data yang ada masuk ke server saya dan ada yang mengutak-atik server data KNKT,” ujar Tatang.

Selain itu, jelasnya, komputer jinjing (laptop) milik investigator KNKT, Sulaiman yang berisi hasil investigasi mengenai AdamAir juga hilang. Data dalam dua laptop yang hilang pada 22 Juli 2007 tersebut berisi data hasil investigasi AdamAir dan insiden pesawat di Wamena, Papua.

Namun dipastikan yang tercuri hanyalah data investigasi bukan rekaman percakapan CVR (cockpit voice recorder).

Frans Wenas mangakui ada beberapa kesamaan dalam rekaman yang beredar luas di internet itu. Tapi, sulit mengatakan bahwa rekaman itu asli. Selain itu, rekaman yang asli berdurasi 32 menit. Sedang rekaman versi internet hanya sekitar 5,38 menit. (try)analisadaily.com

Iklan

15 Tanggapan

  1. wallahua’lam……………….

  2. Gitu aja kok repot.

  3. Hanya Allah dan Rasul-Nya yang tahu

  4. Pihak keluarga sudah menyatakan bahwa suara takbir dan vokal Yoga (co-pilot) adalah betul milik Yoga, dan tidak mungkin salah. Dengarkan juga suara air waktu takbir terakhir.

    Teruskan berbohong demi melindungi martabat, uang dan kehormatan … . Suatu hari nanti kebenaran akan terungkap, banyak orang yang lebih pintar yang masih menyimpan teori mereka dan suatu hari pasti muncul kebenaran. Spt yang saya yakini selama ini: dalam setiap kejahatan tidak ada yang sempurna, selalu ada “something wrong”.

    Bangsa besar harus mengakui kesalahan dulu bila memang ada yang salah tanpa malu, dari situ akan timbul simpati akan keJUJURan yang diberikan.

    Ingat 10 perintah Allah “Jangan bersaksi dusta” (tidak ada maksud SARA di tulisan ini, tapi warning buat pembohong)

  5. Kebenaran itu pergi bersama mereka…

  6. sebenarnya mungkin rekamannya memang betul, tapi tidak benar karena tidak dikeluarkan dari pihak berwenang. jadi, ya emang betul tapi tidak benar alias tidak dapat dipertanggunghawabkan

  7. betul bang, ternyata yang beredar itubukan yang asli

  8. Asli ataupun palsu, yang pasti kita harus mengambil hikmah dengan beredarnya rekaman memilukan black box Adam Air 574.

  9. asli atau palsu bukan berarti beda isinya, tapi kalo beda berarti nggak sama isinya, KNKT cuma bingung kenapa kok bisa bocor rekaman itu…
    no ofense…

  10. Kita gak usah mudah terpropokasi oleh isu..isu seperti itu, apa lagi gak jelas…

  11. guys.. yang pasti, rekaman ini bikin gw inget mati. Inget “waktu”. Asli atau palsu, gw rasa semua hal punya dua sisi mata uang.. tergantung gimana kita menerimanya.. Efek rekaman ini buat gw (selain bikin jantung berdebar dan sesek), jg bikin gw makin nyadar bahwa kita semua bakal kembali ke gusti Alloh. Kebayang kondisi saat itu, kebayang bahwa gw masih bisa hidup sampe saat ini itu hanya karena kebesaran TUHAN semata

    If you WANT to believe that the recording was a fake, then please do. It won’t change anything, anyway.. Conversation as similar as that DID happen. You guys can be as skeptical as you want.. once again, no matter what we believe, it won’t change the fact that they (the victim) were actually in such frightening situation.. I tried to imagine if I was there… I can’t imagine it at all.

  12. Tentu saja bukan rekaman asli, bahkan yang ditunjukkan oleh ketua KNKT tersebut sebenarnya bukanlah yang asli, sebab yang asli itu hanya dan hanya ada satu, yaitu VCR yang terdapat di blackboxnya itu sendiri. Nah segala sesuatu yang berifat copy, ataupun duplikat, pada hakekatnya adalah PALSU. Itu bahasa politiknya mas, kenapa koq kita dibingungkan oleh masalah itu. Lagian juga kalau itu adalah PALSU seperti pengertian awam, rekaman itu terlalu sempurna untuk dapat dikategorikan sebagai REKAYASA.

  13. Kalo pihak yang berkompeten yakin bahwa rekaman itu bukan asli, lantas kenapa mereka perlu repot? Atau perlu mengambil tindakan?

  14. great put up, very informative I ponder why the opposite experts of this sector don’t understand this You must proceed your writing I’m confident, you have a huge readers’ base already!

  15. belajar dari kesalahan aja pak….. asli apa gak yang penting diperbaiki aja sistimnya…. biar tidak terulang kembali….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: