Meneg BUMN Keluarkan SE Larang BUMN Sumbang Parpol

Jakarta, (Analisa)

Meneg BUMN Sofyan Djalil mengeluarkan surat edaran (SE) terkait larangan bagi Dewan Komisaris dan karyawan BUMN menjadi pengurus partai politik, dan atau calon legislatif serta larangan untuk ikut serta dalam kampanye pemilu 2009 serta memberikan sumbangan dalam kegiatan pemilu.

Ketentuan tersebut teruang dalam Surat edaran tersebut dengan No SE-15/MBU/2008 tertanggal 31 Juli 2008 ini telah sesuai dengan ketentuan UU nomor 10 tahun 2008 (UU 2008), tentang pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD serta peraturan pemerintah nomor 45 tahun 2005 (PP 2005) tentang pendirian, pengurus, pengawasan dan pembubaran BUMN.
Siaran pers Meneg BUMN di Jakarta, Jumat (1/8), menjelaskan sesuai pasal 12 dan pasal 50 ayat 1 UU 10/2008 dan pasal 22 ayat 1, pasal 55 serta pasal 97/PP/45 maka anggota Direksi anggota Dewan Komisaris/ Dewan Pengawas dan Karyawan BUMN dilarang untuk menjadi pegurus partai politik dan atau calon anggota legistalif.

Anggota Direksi, anggota Dewan Komisaris/Dewan Pengawas serta karyawan BUMN yang memutuskan untuk menjadi pengurus partai politik dan atau calon/angggota legislatif harus mengundurkan diri dan atau diberhentikan dari kedudukannya masing-masing dengan mendapatkan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing BUMN.

Sesuai pasal 84/UU 10/2008, pejabat BUMN dilarang untuk ikut kampanye pemilu dan atau menjadi pelaksana kampanye pelimu. Kepada pejabat BUMN yang menjadi pelaksana kampanye dapat dikenai sanksi pidana dan penjara sebagaiman diatur dalam pasal 272 UU 10/2008.

BUMN juga dilarang memberikan sumbangan dan bantuan lain dalam bentuk apapun termasuk penggunaan saran dan prasarana yang dimiliki oleh BUMN untuk kegiatan pemilu, sebagaimana dimaksud dalam pasal 139 UU 10/2008. (try)
sumber berita

Iklan

2 Tanggapan

  1. apa saksi untuk karyawan bumn atau bumd. yang masih bandel dan tetap ikut menjadi calon legislatif serta pengurus partai?

  2. Salam,
    Jika tidak keberatan kami mohon dapat dikirimi naskah SE-15/MBU/2008.

    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: