Banyak Parpol peserta pemilu menambah beban negara

MEDAN – Banyaknya partai politik (parpol) yang akan bertarung pada Pemilu 2009 hanya akan semakin membebani rakyat dan negara, karena anggaran untuk kebutuhan Pemilu dipastikan akan semakin membengkak.

Partai peserta Pemilu semakin ramai dan otomatis beban APBN juga akan bertambah dan akhirnya rakyat juga yang akan menanggungnya, kata pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU), Warjio, di Medan, Rabu. (30/7).

Ia mengatakan, penambahan jumlah parpol untuk Pemilu 2009 menjadi 34 sebagai bentuk kemunduruan demokrasi, karena kepentingan partai nantinya juga semakin banyak sehingga tidak akan membangun suatu koalisi pemerintahan yang kuat dan gesekan-gesekan perpecahan juga semakin besar.

“Kalau dilihat yang ‘bermain’ pada partai baru ini memang orang-orang lama juga. Tapi karena telah membawa kepentingan masing-masing partai, maka gesekan yang mampu menimbulkan perpecahan dan kericuhan juga semakin kuat,” katanya.

Dengan kondisi saat ini dapat digambarkan bahwa lima tahun ke depan setelah pemilu 2009, siapapun nantinya yang terpilih sebagai pemimpin bangsa ini belum akan mampu melakukan perubahan yang lebih baik dari sekarang.

“Siapapun yang jadi Presiden tidak akan memberikan perubahan pada kondisi bangsa kita karena yang akan menikmati kesejahteraan masih kalangan elit politik dan para pejabat pemerintahan,” katanya.
[win/ann]
sumber berita

Iklan

3 Tanggapan

  1. tambah bingung juga nyoblos yg mana :)) untung golput

  2. mohon idenya untuk acara 17 an bloggersumut
    mampir ke blog saya ya

  3. namanya juga euphoria demokrasi πŸ™‚ Maklum, sudah puluhan tahun terkekang…seperti orang yang kelaparan, sekali lihat makanan jadi lupa untuk menahan diri, makannya seperti hilang akal… ujung-ujungnya sakit perut dan muntah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: