Modus penipuan baru melalui HP

asahan ( asahannews )
Berbagai macam cara orang untuk mencari penghidupan demi sejengkal perut.Kalau masih ada iman di hatinya dia akan mencari dengan cara halal tetapi bila hatinya buta dia tidak perduli perbuatannya itu bakal mendatangkan malapetaka pada dirinya.Walaupun menipu diujung tanduk ia tidak takut.

Jenis penipuan yang saat ini lagi ngetren ngetrennya tidak lain memanfaatkan fasilitas HP yang coba merayu seseorang untuk dapat mengirimkan voucher terhadap pelaku.Kalau iming iming hadiah itu biasa tetapi ada yang berani menipu di ujung tanduk.Inilah yang saya katakan modus penipuan baru melalui HP dan kejadian ini berlangsung di tempat kerja asahannews sendiri.
disini saya sampaikan cuplikan modus penipuan
hati hati dengan cara penipuan ini :

1. pihak penipu
2. calon korban

1. hallo apa kabar….
2. kabar baik ini siapa ya….
1. alah…apa kamu tidak kenal saya….
2. lho ini siapa…
1.kamu tidak kenal suara saya…ada enggak kenalan kamu di KAPOLSEK
2.ada sih…
1.Nah….coba tebak siapa saya….
2.siapa ya…apa pak sinaga ( pak sinaga temen kerja saya yang dinas di KAPOLSEK )
1.betul…..
2. kok ganti nomor….
1. biasalah…
2. ada apa pak
1. begini saya punya barang HP NOKIA N 95 ….15 buah …dan lektop merek thosiba 15 buah dan barang tersebut mau dilelang murah HP harganya hanya 1.5 juta dan elektop 2.5 Juta
2. wah murah amat tuh pak
1. begini maksud saya barang itu mau saya berikan ke kamu dan tolong jualkan saya tidak sempat dan jangan takut untuk menjual nanti saya keluarkan surat resmi bahwa barang itu barang lelang dan legal dari kepolisian..

( mendengar itu teman saya tertarik )

2. boleh bang…..
1. oh ya untuk lebih jelas di surat nama kamu dibuat siapa
2. ah…masak bapak tak tau
1. maksud saya nama aslinya…
2. ooo….. ( teman saya menyebutkan nama aslinya…)
1. oke sabar ya nanti barang dikirim beserta suratnya…

kemudian telpon mati…dan teman saya cerita kepada saya…saya bilang itu sudah tidak mungkin NOKIA N 95 itu mahal elektop itu 5 jutaan keatas..ini pasti penipuan kata saya namun teman saya bilang itu telpon dari rekannya di KAPOLSEK saya masih belum percaya tetap bertahan itu penipuan. kemudian ia ceritakan sampai membuat surat keterangan barang.

Ketika kami asyik bercengkrama lima belas menit kemudian HP teman saya berdering lagi :

1. hallo…
2. hallo pak gimana cerita selanjutnya mengenai barang itu
1. Udah beres suratnya lae ( lae sebutan sobat )
2. Kapan bapak kirim barangnya…
1. sabar saya akan kirim nanti…oh ya….inikan tadi pakai telpon kawan dan kawan saya minta digantiin pulsa dan yang mengurus surat itu saya serahkan ke teman saya dan ia juga minta tips( magsudnya minta bagian githu lho )
2. Berapa pulsanya kita ganti.
1. belikan saja dua lembar voucher seratus ( berarti duaratus ribu tuh… ini ujung ujung penipuannya)
2. bapak bisa sabarkan menunggu…
1. ya enggak apa apa berapalah duaratus ribu dibandingkan harga barang itu lae…
2. iya pak nanti saya kirim

kemudian telepon itu mati lagi dan teman saya cerita ke kami…kami tetap mengatakan itu penipuan sebab sudah minta kirimkan voucher.Tetapi teman saya tetap ngotot karena itu dari kepolisian dan ia kenalannya.Kami coba berikan solusi coba katakan padanya jangankan voucher 200.000 uang kontan 2 jutapun akan diberikan bila transaksi dirumah.Coba telpon dan katakan itu.

lalu teman saya telpon dan ia katakan demikian dan jawabannya tetap ngotot mau minta kirimin voucher.Lalu HP dimatikan dan teman saya langsung menjumpai ke KAPOLSEK ketepatan KAPOLSEK tidak begitu jauh dari tempat kerja dan benar saja penipuan.Sinaga yang asli itu tidak tau menau masalah hal tersebut.Setelah kembali dari KAPOLSEK teman saya cerita bahwa itu benar penipuan.

HATI HATI DENGAN MODUS PENIPUAN MELALUI HP dengan modus SKSD ( Sok Kenal Sok Dekat )

Iklan

28 Tanggapan

  1. Ahhhh… Saya jg pernah dapet telp kayak gitu tapi saya langsung curiga karena teman saya di kepolisian nggak gitu ssuaranya. Si penipu itu minta pulsa untuk teman2nya yang datang dari Aceh, ada 5 orang kali 100 ribu rupiah. Nah, langsung saja saya bilang ,” Pak, ini hp saya dilengkapi alat sensor dimana Anda berada, jadi bla…bla…bla…” Langsung mati hp dia. Takut rupanya dia… 🙂

  2. BTW, penipuan dengan HP makin beragam….so buat kita yg sudah tau tetap waspada….tapi sebaiknya info ini tidak kta makan sendiri…bahkan telpon di rumah saya dua kali dpt gituan…kebetulan saat rame2nya pembagian BLT…

    Thank’s atas kunjungannya…

    Coretan Anak Batam

  3. y harus pinter jaga diri aja untuk semua janga mudah percaya ma orang .. jika akan percaya bisa saja tapi jelas asal usul nya ..
    jadi g harus kena tipu .. emang semua kini serba susah orang makin pinter ngibulin buat cari makan..

    initnya jgan mudah percaya ma orang yang belum dikenal …?

  4. Tipsnya,jika kita tidak kenal dengan nomor si penelpon.janganlah dianggap serius,dibawa santai aja.jika dia menanggap teman lama kita,introgasi dengan jelas.teman lama yang mana,namanya sapa,dulu ngapain aja.tapi tetap pada tips yang diatas. JANGAN DIANGGAP SERIUS, BAWA SANTAI AJA LAY….

    BTW Thanks atas infonya…..
    Semoga bermanfaat bagi yang membacanya…..
    Wassalam…

  5. hati-hatilah terhadap modus penipuan hp.
    sangat berbahaya bagi yang lugu.

  6. Salam Kenal, Perlu ketajamn kuping, jika kita pernah bicara dengan teman lewat telpon, paling tidak ketika teman guyon memainkan karakter orang lain pasti tetep ketahuan, Artinya. Tidak mungkin seorang teman menghiananti temannya sendiri. Kalaupun mungkin itu bukan teman namanya. Hati-Hati untuk semua. Beware Of it! salam kenal

  7. semoga menjadi pelajaran yang beerharga bg kita smua….OK

  8. Thk atas infonya pak
    ini sangat bermanfaat. jadi nanti kalo ada teman kapolsek telpon saya bilang aja dia penipu hehehe

    tapi ini memang info yg sangat berguna bagi semua orang sebelum kena tipu. jadi himbauan bagi seluruh teman teman supaya jangan langsung mempercayai jika ada transaksi dengan modus kirim pulsa seperti ini. masak ada pula ganti pulsa.

  9. Hmm kok bisa taw ya sapa ja orang2 yg punya teman d kapolsek? Dan knp harus nyamar jadi orang kapolsek?

  10. kok bisa kenal gitu yahh, penjahat semakin kreatif ternyata

  11. Makin banyak penipu dan mereka makin pintar, untung teman bapak memberitahu, dan kalian dapat berdiskusi. Sudah banyak korban penipuan, mulai dari berita kecelakaan, sdh dirumah sakit dan berita lain yang secara emosianal bisa membuat penerima berita tidak sadar, bahkan membuat suami isteri berantem…karena yang satu ingin segera menyelesaikan, yang satu menyatakan sabar dan lain-lain. Negeri kita makin seperti hutan belantara…., saling makan dan saling memertahankan diri. kita ya kita harus “do something”, agar negeri ini subur dengan kebaikan dan kebersamaan yang saling merasakan seperti yang bapak lakukan. Sederhana memang, tapi sangat bermanfaat, kadang kita tertipu bukan soal harganya, tetapi sering menjatuhkan harga diri meski bukan kita yang melakukan atau penyebabnya, seperti tukang parkir minta 5000 rp, padahal kita tidak parkir, cuma menurunkan teman yang kebetulan kita antar. hmmm….

  12. alhamdulillah, belum pernah diisengin..
    masbadar: “ada 8 cara agar blog cepat terindeks google”

  13. hehehe untung saya bukan penipu, jd ga trllu trsinggung..*kaaabbuuur*

    http://gundala69.wopdpres.com/2008/07/24/megawati-berdoa-di-makam-sultan-buton/

  14. Loh, di Kuala Tanjung, Kab. Batubara, aku pernah dengar ada orang yang mau jual N95 15 buah, Laptop Toshiba 15 buah dengan harga 2 dan 2,5 jt. Persis seperti cerita di atas. Tapi gak tau apakan itu penipuan atau gak. Soalnya, ketika aku mau lihat barangnya, esoknya dibilang udah abisss…

    Katanya yang mau jual itu seorang polisi. Barang itu hasil sitaan dari Bea Cukai.

    Kisah selanjutnya aku gak tau.
    Mungkin ini bagian dari cerita di atas ya, bang?

  15. lucu nih modusnya haahah ada2 aja jaman sekarang. demi pulsa 100 rebu mau aja

  16. Penipu memang macam-macam saja akalnya.
    Tapi hp saya yang sering dapat sms yang dari Telkomsel, kalau pake pra bayar (IM3) nggak pernah aneh-aneh…mungkin dia nggap kalau IM3 nomornya mahasiswa yang ga punya uang…hehehe

  17. intinya, kalo ada orang yg ga dikenal/ngaku2 teman/perusahaan dan ujung2nya minta ditransferkan uang , lebih jangan deh

  18. gak SPG gak SMS kayaknya sama ya Pak
    SKSD Palapa = sok kenal sok dekat padahal gak tau apa-apa
    🙂

  19. waduh…teknologi kalau disalahgunakan malah makin berbahaya ya..?

  20. don’t try this at home!!!!
    yukkkk….??
    yak..yiukk…. ;))

  21. SEBENARNYA… lebih cerdas aja n penipuan kayak gitu harusnya dah bisa kebaca dari awal.. asal qt g’ terlalu gampang percaya ma org lain…
    itu tipuan yg sangat murahan…

  22. Saya juga pernah gitu, tapi lebih baik kita waspa dengan hal seperti itu dan masih banyak modus lain.

  23. klo percaya juga boleh, yg penting transaksinya COD. ada barang ada duit.

  24. barusan saya mengalami hal serupa persis…..
    yg di tawarkan E90,N81,E71 dan satulagi lupa…..ditawarkan dgn harga 1 jt dan laptop dgn harga 2,5 jt.
    belum sampai terjadi apa2 sih…..belum ada transfer2 an berupa uang atau pulsa…..

  25. gila cz saya baru j kena modus kyk gini.klo gax baca artikel ini mungkin dah kena ni…..taiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik tu orang yg berbuat kyk gi…..semoga ALLAH mengampuni mereka….amin.

  26. Saya baru kena tipu model kaya gt mirip bgt. Ni no hp yg saya kirimi pulsa
    081327176824
    089631061102
    085213824370
    Monggo d kerjain balik,biar kapok tuh org

  27. waduh………….
    terima kasih ya atas infonya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: