Mengatasi Kelangkaan Pupuk, Pemkab Asahan Belajar ke Taput

asahan ( asahannews )

Kisaran (SIB)
Untuk mengatasi kelangkaan pupuk yang berkepanjangan dan hingga saat ini belum mampu diatasi pemerintah pusat dan Provsu membuat Bupati Asahan Drs H Risuddin berpikir tujuh keliling. “Saya pusing melihat kelangkaan pupuk yang menambah derita petani dan poduksi panen petani kian anjlok”,katanya kepada masyarakat Desa Air Putih,Kecamatan Meranti saat turun tanam bibit baru-baru ini.
Padahal Pemkab Asahan secara resmi sudah mengajukan permohonan kepada distributor Pusri selaku penyalur resmi pupuk kepada petani melalui agen agen,namun kelangkaan Pupuk hingga saat ini belum dapat diatasi. “Melihat derita petani di Asahan yang hingga saat ini belum bisa diatasi saya sudah perintahkan dinas terkait untuk berangkat ke Taput mempelajari bagai mana Taput bisa memproduksi pupuk yang kwalitasnya lebih baik bila dibandingkan dengan pupuk yang selama ini dipakai petani”,kata Risuddin.

lanjutan..

Lanjut Risuddin tersedianya pupuk sesuai dengan kebutuhan petani diharapkan kesejahteraan dan nilai produksi panen petani di Asahan meningkat,kalau sekarang petani Desa Air Putih baru mampu menghasilakan panen padi 5 ton/Ha dengan tersedianya pupuk itu bisa meningkat menjadi 8 ton/Ha,kesemuanya ini adalah dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan,katanya.
“Selain menambah luas lahan pertanian yang produktif,saya berharap agar petani untuk tidak mengalihkan fungsi lahan dengan menanami sawit di lahan pertanian dan yang lebih terpenting lagi petani harus mampu mengembangkan pengetahuan bertanam padi melalui membaca buku pertanian dan tukar informasi antar kelompok tani,hindari pola bertanam padi saling mendahului,”kata Risuddin.
Masalah irigasi yang dibutuhkan masyarakat Desa Air Putih untuk mengairi lahan seluas 400 Ha,Risuddin mengintruksikan Kadis Pertanian menyiapkan varitas padi unggul dan proposal pembuatan irigasi. Demikian juga kepada Kadis PU agar memperhatikan jalan sepanjang 1 Km pada tahun 2009 menjadi aspal.Agar pembangunan di Desa Air Putih dapat direalisasikan, Bupati meminta masyarakat patuh untuk membayar pajak.
Untuk 2008,kata Risuddin dihadapan Camat Meranti Drs Hasbi Raihimi Siregar yang turut dalam acara turun bibit itu,Pemkab Asahan mengalokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur Rp15 M.(S13)
sumber berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: