SBY Menentang Pengadilan Internasional

Laporan KKP
Mega Simarmata

INILAH.COM, Jakarta – Presiden SBY menentang usulan pihak asing yang menginnginkan ada pengadilan internasional. SBY berharap dunia internasional menghormati dan menerima laporan akhir Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) RI-Timor Leste.

“Presiden meminta dunia internasional menerima dan menghormatinya. Presiden secara tegas menentang semua usulan dari pihak asing yang menginginkan adanya International Tribunal atau Pengadilan Internasional atas kasus Timor Leste,” Jubir Kepresidenan Dino Patti Djalal kepada INILAH.COM, Selasa (15/7).
Laporan hasil akhir KKP seputar investigasi dugaan pelanggaran HAM pada jajak pendapat di Timor Timur pada 1999 itu akan disampaikan di Denpasar, Bali, sekitar pukul 12.00 Wita kepada SBY dan Presiden Timor Leste Ramos Horta.

“Ini adalah proses yang sudah final dari KKP, dan hasil kerja KKP yang akan diserahkan hari ini akan mengakhiri dan menutup semua pekerjaan Komisi demi Komisi yang selama hampir 10 tahun bekerja untuk masalah Timor Leste,” kata Dino.

Menurutnya, SBY tentu akan menyampaikan sikap dan pandangannya atas nama bangsa dan negara Indonesia setelah nanti secara resmi menerima laporan akhir KKP.

“Tunggu saja, nanti juga akan ada pernyataan bersama antara Presiden SBY dan Presiden Jose Ramos Horta. Dan kami dengar, Perdana Menteri Xanana Gusmao dan mantan Perdana Menteri Marie Alkatiri akan ikut mendampingi Presiden Horta menerima hasil laporan KKP. Ini menunjukkan bahwa pemerintah Timor Leste juga mempunyai pandangan yang sama tentang perlunya rekonsiliasi,” tutur Dino.

Dino menambahkan, Indonesia tetap berharap agar ke depan hubungan

bilateral dan kerjasama antara kedua negara bisa lebih meningkat lagi.

Mengenai apakah SBY akan menyampaikan permohonan maaf atas nama bangsa dan negara kepada rakyat Timor Leste yang menjadi korban kekerasan pasca jajak pendapat September 1999 dan bagaimana jika masih saja nanti TNI dipersalahkan, Dino memberikan jawaban diplomatis.

“Minta maaf atau tidak, nanti tunggu saja. Pokoknya akan ada pernyataan resmi dari Presiden. Kita berharap tidak ada lagi dendam. Hasil kerja KKP ini sudah maksimal dan final sifatnya. Kalau TNI mau terus dipersalahkan, Panglima TNI sendiri sudah menyatakan kepada pers bahwa TNI akan secara cermat mempelajari hasil laporan dari KKP ini,” pungkas Dino.[L3]

sumber berita

Iklan

4 Tanggapan

  1. Mari kita bangun persahabatan, mari kita hidup berdampingan dan bertetangga dengan damai, dendam selalu merugikan dan tidak berguna sama sekali. Bersahabat selalu menguntungkan, dalam suka dan duka.

  2. Selamat pak SBY. Sekali-kali donk kita bisa ngomong tegas pada dunia internasional. Jangan keseringan didikte kepentingan asing.

  3. seppp , nyang jelas kita emang kudu punya presiden nyang tegas
    o iya mohon konfirmasinya pak buat acara kopdar tanggal 20 juli ini bisa datang ngga ya ???
    silahkan datang di postingan ini
    makasih
    http://nichpakaich.net/2008/07/kop-dar-bloggersumut-ke-3/
    dan ini
    http://adieska.net/2008/07/blogger-sumut-kopdaran-lagi-part-3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: