Habib Rizieq Resmi Jadi Tersangka, Munarman DPO

Jakarta, (Analisa)

Polisi sudah menetapkan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq sebagai tersangka dalam insiden di Monas. Habib dijerat pasal 221 karena diduga telah menyembunyikan pelaku kejahatan.

“Sudah jadi tersangka, kena pasal 221. Dengan ini ancamannya sembilan bulan,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Abubakar Nataprawira di Mapolda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (4/6).

Meski ditahan, Habib sepertinya masih akan menghirup udara bebas. Sebab, pasal yang menjerat Habib tidak mencukupi syarat penahanan.

“Kalau yang ini ancaman hukumannya sembilan bulan. Hanya lima tahun yang bisa ditahan,” jelas Abubakar.

Abubakar menjelaskan saat ini anggota FPI yang diperiksa berjumlah 55 orang. 4 Orang sudah dipulangkan.

lanjutannnya……

Munarman DPO

Sementara itu Kapolri Jenderal (Pol) Sutanto menyatakan pihaknya memasukkan Panglima Komando Laskar Islam Munarman ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Masih dalam pencarian, kita minta dia supaya menyerahkan diri, akan lebih bagus kalau cepat. Dia kan menyatakan akan mempertanggungjawabkan secara hukum, makin cepat makin bagus, ada penegakan hukum di sini,” kata Kapolri usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden Jakarta, Rabu.

Sutanto menjelaskan, sebagai salah satu pimpinan, Munarman harus bertanggung jawab atas insiden Monas yang melibatkan anak buahnya dari Komando Laskar Islam.

“Dia sebagai pimpinan harus bertanggung jawab. Sekarang buron, dia sudah jelas tersangka, kita cari, masuk DPO, secepatnya kita cari,” tegasnya.

Pada Rabu (4/6) sekitar pukul 07.00 WIB aparat kepolisian menangkap 55 orang anggota FPI dari markas mereka di kawasan Petamburan Jakarta Pusat.

Penangkapan paksa itu dilakukan setelah pihak FPI tidak mengindahkan ultimatum Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Adang Firman yang meminta pimpinan FPI menyerahkan 10 orang anggotanya yang telah ditetapkan sebagai tersangka insiden di Monas akhir pekan lalu. (dtc/Ant)
sumber berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: