virus EV71

Asahan ( asahannews )

Dari sejak jaman dulu yang namanya penyakit yang menyerang secara massal banyak kita dengar yang sering disebut dengan wabah penyakit. Yang sangat luar biasa salah satunya wabah kolera.Dan sering pula kita dengar wabah kolera terjadi setelah bencana yang menimpa satu daerah. contohnya :
wabah kolera menyerang Irak Utara dan terjadi di :di Wamena dan kemungkinan di:Myanmar bisa terjadi wabah kolera Jelas sekali penyakit kolera itu bersumber dari makanan dan Air minum yang tidak bersih.

Kembali pada pokok judul masalah virus yang sering menakutkan seperti virus HIV, virus Flu Burung dan banyak lagi jenis virus yang mematikan lainnya.Dan belakangan ini terdengar jenis virus EV71 yang sudah menelan korban. Di Cina 43 anak tewas akibat virus EV71 tak tanggung tanggung pemerintah Cina langsung menyatakan :siaga Nasional terhadap virus EV71

himbauan ke masyarakat tentang virus ini baca berita berikut bersumber dari detiknews

Serangan virus kian ganas saja. Di China, sedikitnya 20 anak telah meninggal akibat virus enterovirus 71 atau EV71. Virus itu mulai menyebar di Fuyang, Provinsi Anhui pada awal Maret lalu. Namun pemerintah China baru mempublikasikannya pada Minggu, 27 April lalu.

Masyarakat China pun dilanda keresahan. Namun pejabat-pejabat kesehatan China mengatak tak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai virus tersebut. Menurut mereka, situasi ini tidak sama dengan wabah SARS pada tahun 2003.

“Anda tidak bisa menyamakan EV71 dan SARS. SARS merupakan penyakit menular baru dan setiap orang bisa terinfeksi. SARS juga sangat mematikan,” kata Yang Weizhong, wakil kepala lembaga Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit China.

Korban tewas akibat EV71 kebanyakan anak-anak di bawah usia 2 tahun. EV71 menyebar melalui kontak dengan kotoran yang terinfeksi virus. Virus ini bisa menyebabkan demam tinggi, kelumpuhan dan pembengkakan otak.

Yang mengimbau masyarakat untuk sering-sering mencuci tangan dan memakan makanan yang dimasak dengan benar. “Ini penyakit musiman, tapi juga bisa dicegah,” tuturnya seperti diberitakan Telegraph, Rabu (30/4/2008).

Yang juga membantah tudingan bahwa pemerintah menutup-nutupi kasus ini. Menurutnya, alasan penundaan publikasi kasus ini adalah karena tim medis sedang berupaya memastikan jenis penyakit.

Menurut WHO, tak ada vaksin atau obat antivirus untuk mencegah atau mengatasi virus EV71 ini. Pengobatan hanya difokuskan untuk menangani komplikasi yang ditimbulkan virus, yang bisa meliputi meningitis dan gagal jantung. ( ita / nrl )detiknews

Bagaimana tentang perhatian pemerintah Indonesia tentang virus ini dan bagaimana penanganan virusEV71 menurut anda silahkan anda komen mungkin anda bisa membantu pemerintah tentang virus ini

Iklan

2 Tanggapan

  1. Waduh kok ngeri banget tuh keliatannya virusnya. Tapi kalo dilihat dari penyebarannya asal bisa menjaga kebesihan sudah mending kali ya.

  2. untung saja saya cuma menularkan virus blogger di Medan pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: