BBM Diputuskan Naik

Setelah mencoba bertahan, akhirnya pemerintah memu-tuskan untuk menaikkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) bersubsidi. Agar kenaikan ini tidak terlalu memberatkan, pemerintah juga menyiapkan kompensasi bagi masyarakat kecil, berupa bantuan langsung yang akan segera diatur mekanismenya. Hal ini dipertegas Menko Perekonomian Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (05/05).

“Intinya, melihat situasi se-karang di luar negeri dan da-lam negeri, maka pemerintah sedang menyiapkan suatu langkah kebijakan dengan tujuan mengamankan APBN 2008-2009. Fokusnya pada masalah subsidi BBM dan listrik. Kita lakukan dalam 1 paket terdiri tiga elemen saling terkait,” urai Boediono.

Ketiga elemen itu adalah, pertama penghematan total konsumsi BBM dan listrik serta penghematan belanja negara dengan berbagai cara yang sudah dan sedang dila-kukan. Tapi melihat situasi belakangan ini tak cukup lagi, maka ada dua langkah lagi yang dilakukan bersamaan. Yakni peningkatan harga BBM bersubsidi dalam negeri secara terbatas yang pemerin-tah anggap dapat ditanggung masyarakat, disertai kompen-sasi kepada mereka yang membutuhkan.
“Dua langkah ini sedang di-godok, beberapa waktu ke depan akan kita sampaikan ke publik bagaimana mekan-ismenya,” jelas Boediono. Lalu kapan pelaksanaannya? “Saat ini sedang digarap. Kita nggak bisa katakan kapan. Tapi arah kebijakan pemerintah ke sana dan Insya Allah kita laksanakan. Dalam beberapa minggu kita siapkan langkah teknisnya,” tegasnya seraya menambahkan, kenaikan harga BBM ini akan berlaku di seluruh daerah. Untuk per-sentasenya, Boediono memin-ta semua kalangan bersabar karena sedang dihitung pemerintah.
Menurut Boediono, kenaik-an harga BBM ini sebenarnya realokasi dari subsidi BBM ke lainnya. “Dengan sistem ini kita geser alokasi masuk ke kelompok miskin yag tujuan akhirnya adalah memperkuat APBN,” imbuhnya. Pemerin-tah berharap setelah adanya pengumuman ini tetap tidak ada aksi panic buying BBM. “Moga-moga nggak. Kita laku-kan juga pengawasan dan pe-negakan hukum. Kita harap masyarakat bertindak secara patut. Mari kita merespons ber-sama masalah ini,” katanya.
Selain itu, pemerintah ber-harap kenaikan harga BBM kali ini tidak terlambat dila-kukan sehingga APBN aman.
“Kita nggak mau terlambat juga. Tapi yg penting arah ke-bijakan pemerintah sudah jelas. Kita akan memberikan kompensasi yang cukup, bahkan barang kali bisa lebih buat kompensasi dampak ke-naikan,” pungkasnya. Semen-tara Menkeu Sri Mulyani menjamin, besaran kenaikan BBM masih bisa diterima masyarakat.
“Detail persiapan teknis perhitungan sedang kita matangkan. Tapi kita sampai-kan kenaikan ini masih dalam range yang selama ini diang-gap dapat diserap oleh masya-rakat dan pelaku ekonomi,” kata Sri Mulyani saat ditanya apakah kenaikan harga BBM mencapai 28,7 persen.
Mengenai kapan kenaikan harga BBM, Sri Mulyani ber-harap tidak akan terlalu lama lagi akan diumumkan. “Supa-ya tidak menimbulkan keti-dakpastian dan krisis keper-cayaan yang berkepanja-ngan,” tegasnya. Sri Mulyani menambahkan, kenaikan harga BBM memang tidak bisa dihindari lagi. Bagi peme-rintah, yang terpenting kini adalah mengembalikan keper-cayaan terlebih dahulu.
“Jangan sampai dianggap tidak ada kepastian dan ada tidak kepercayaan pelaku ekonomi. Subsidi dibiarkan terus sampai meledak. Dan yang penting kenaikan ini se-cara APBN masih sustain-able,” katanya.
Mengimbangi kenaikan harga BBM, pemerintah se-lanjutnya akan fokus untuk memberikan perlindungan kepada para pelaku ekonomi kecil dan masyarakat agar tetap punya daya tahan sosial dan ekonomi. Sedangkan Presiden SBY dalam perte-muannya dengan sejumlah pemimpin media massa me-ngatakan, isu yang berkem-bang saat ini bukan lagi harga BBM naik atau tidak naik. Namun bagaimana mema-tangkan dampak dari kenaik-an itu, jangan sampai rakyat di bawah yang terkena beban berat ini.
“Tahapannya sekarang ini bukan lagi naik atau tidak naik. Tapi kalau naik berapa dan komoditas apa aja. Apa 20 persen, 25 persen atau 30 persen. Dan mengapa dengan angka itu, kemudian apa saja instrumen yang menyertai-nya,” ujar SBY. Presiden ke-mudian paparkan tahapan sebelum mengumumkan keputusan menaikkan harga BBM pada 2005. Perlu waktu hampir tiga minggu bagi pemerintah untuk memper-siapkan segala sesuatunya termasuk jaring pengaman sosial bagi rakyat miskin.
“Sekarang kita punya pro-gram social safety net, seperti bantuan langsung untuk rakyat miskin, BOS, Jamkes-mas dan Raskin yang masih jalan. Kita juga punya PNPM Mandiri dan KUR bagi usaha rakyat kecil dan mikro,” sambung SBY.
“Itulah sebabnya solusinya akan dengan cepat dima-tangkan,” ujar SBY.
Sementara Mensesneg Hatta Rajasa dalam perbincang-annya dengan beberapa pe-mimpin redaksi menjelaskan, kenaikan BBM itu sudah pasti dilakukan. Hanya saja, pre-siden ingin, solusi untuk mengatasi dampak kenaikan BBM benar benar matang. “Solusinya benar-benar bisa membantu rakyat kecil,” tegas Hatta.(dtf/zal/hld*)

sumber berita

8 Tanggapan

  1. BBM = bener – bener merepotkan! naik lagi – naik lagi! heh…

  2. Semoga naiknya BBM tidak mempengaruhi perang tarif (turunnya) biaya nelpon dan internet.

    Ayo, siapa berani kasi tarif internet & nelpon lebih murah lagi?

  3. Mantabsss….
    Naik lagi….,
    semoga pengalihan subsidinya diarahkan ke hal yang tepat dan pelaksanaannya jg tepat.😀

  4. Sudah naik langka lagi…
    Ya Allah, tabahkan kami, beri kesabaran pada kami

  5. bbm naik?
    ah, gak percaya… gak percaya pemerintah maksudnya


  6. ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

  7. hidup di indonesiaa sekarang semakin mahal ya…😦 tanya kenapa?


  8. shocked: MALAYSIA MAKE NEW RULES FOR CHRISTIANS!!

    EVERY CHRISTIANS MUST SAY “ALLAH” RATHER THAN “GOD” & DONT SAY “TRINITY” ANYMORE..
    This is because English language not suitable anymore because the original Bible is in Arabic.

    The full story is here: ckasih.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: