Pemerintah akan Beli Hak Cipta 250 Judul Buku

Jum’at, 02 Mei 2008 20:07 WIB
Pemerintah akan Beli Hak Cipta 250 Judul Buku

BOGOR–MI: Pemerintah akan membeli hak cipta sebanyak 250 judul buku paket pelajaran, pada 2008, dari penulis dan penerbitnya guna menekan harga dan menertibkan penjualan buku paket pelajaran untuk sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Hal itu disebutkan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Walikota Bogor Diani Budiarto pada upacara peringatan Hardiknas tingkat Kota Bogor, di Stadion Pajajaran, Bogor, Jumat.

Mendiknas mengatakan, hingga akhir 2007 Pemerintah telah membeli hak cipta sebanyak 29 judul buku paket pelajaran dan telah menentukan harga eceran tertingginya (HET), Rp4.500 hingga Rp14.000 per buku.

“Pada 2008, Pemerintah akan membeli lagi hak cipta sebanyak 250 judul buku paket pelajaran, sekaligus menentukan harga ecerannya,” kata Mendiknas.

Dijelaskannya, dibelinya hak cipta buku paket pelajaran, guna menekan dan menertibkan penjualan buku paket pelajaran di sekolah-sekolah.

Setelah hak ciptanya dibeli pemerintah, kata dia, diizinkan kepada semua pihak untuk menggandakan, menebitkan, dan memperdagangkannya dengan harga murah, sesuai standar yang telah ditetapkan.

Dengan makin banyaknya pembelian hak cipta buku paket pelajaran, katanya, diharapkan buku paket pelajaran bisa tersedia dalam jumlah banyak dan harganya terjangkau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, harga buku paket pelajaran sekolah cukup mahal sampai sekitar Rp50.000 per buku.

Bahkan, banyak sekolah-sekolah yang mewajibkan muridnya membeli buku paket pelajaran di sekolah, yang dinilai sangat memberatkan orang tua murid.

Terhadap penjualan buku paket pelajaran di sekolah-sekolah tersebut, Mendiknas sampai mengeluarkan surat edaran agar sekolah tidak mewajibkan muridnya membeli buku paket pelajaran di sekolah. (Ant/OL-03)
sumber berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: