Pilgubsu 1 Putaran, Anggaran Bersisa Rp 54 Miliar

Sisa anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut 2008 yang dikelola Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara bersisa Rp54 miliar. Sisa anggaran itu belum terpakai dan masih di kas Pemrovsu.

Demikian Ketua KPU Sumut, Irham Buana Nasution SH MHum kepada wartawan, Jumat (25/4) melalui sambungan seluler di Medan.

Dikatakan Irham, pelaksanaan Pilgubsu yang berlangsung satu putaran menghemat anggaran senilai Rp54 miliar. Sebelumnya Pemrovsu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk penyelenggaraan Pilgubsu menganggarkan Rp260 miliyar.


Awalnya anggaran yang dialokasikan untuk dua putaran. Namun karena ada calon yang memperoleh suara lebih dari 25 persen maka Pilgubsu hanya berjalan satu putaran.

“Kenyataannya Pilkada hanya dilakukan satu putaran karena sudah ada calon terpilih dan telah ditetapkan KPU Sumut. Jadi ada penghematan anggaran yang pasti senilai Rp54 milayar karena tidak dipakai,” ujar Irham.

Dijelaskan, anggaran putaran kedua yang tidak jadi dipakai itu belum dicairkan dan masih di kas Pemprovsu. Dana itu baru akan dicairkan apabila Pilkada dilakukan dua putaran. “Karena putaran kedua tidak ada maka anggaran itu tidak dicairkan dan akan dikembalikan,” ujarnya.

Selain penghematan anggaran putaran kedua, lanjut Irham, anggaran putaran pertama juga ada sisanya yang jumlah signifikan. Sisa anggaran itu juga akan dikembalikan kepada pemerintah.

Sisa itu berasal dari mata anggaran pengadaan barang dan jasa dari pengadaan logistik, sosialisasi, serta mata anggaran lainnya. Namun berapa kisaran jumlahnya belum bisa akumulasikan.

“Berapa besar sisanya baru akan diketahui setelah dilakukan penutupan buku pada 30 Juni 2008,” kata Irham.

Pantauan wartawan, pascapenghitungan suara dan penetepatan calon terpilih Pilkada 2008, situasi gedung KPU di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan terlihat lengang. Namun demikian puluhan petugas kepolisian masih disiagakan di kantor penyelenggara pilkada itu. (sug)

berita terkait :

Pilkada Sumut 2008 Satu Putaran, Anggaran Hemat Rp 54 Milyar

3 Tanggapan

  1. saya termasuk orang yang mengikuti berjalannya pilkada di berbagai daerah, terima kasih atas postingannya ini.

  2. hmm.. dana sebesar itu pasti sangat bermanfaat bila digunakan untuk membangun sumut, kalau boleh memilih, saya justru pengen dana itu dialokasikan untuk perbaikan jalan di aek latong, sipirok, yang entah sampai kapan bisa selesai perbaikannya..

    semoga saja tranparansi dan akuntabilitas sisa dana pilkada tersebut bisa dipertanggungjawabkan..

    salam kenal yah bang..
    nice post..!!

  3. transparansi……asal jangan samar2…… nominal bolehlah penyaluran juga perlu di tau….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: